DEGREES OF COMPARISON
Written By Moh. Aan Hanafiah, S.Ag on
Sunday, April 19, 2020 | 11:00 AM
Assalamu Alaikum Wr. Wb
Halo sahabat Blog semua, apa kabar ? semoga semuanya dalam keadaan sehat
wal afiat. Amiin.
Baiklah, pada kesempatan kali ini penulis akan memposting materi tentang
Degrees of comparison.
Materi Degrees of comparison ini adalah salah satu materi yang akan saya
ajarkan kepada murid-murid saya di kelas VIII SMP/MTs semsester 2. Dalam
kondisi pandemi COVID-19 seperti ini tentunya materi ini tidak bisa disampaikan
secara langsung di dalam kelas. Oleh karenanya sengaja penulis tuliskan di
kelas maya ini.
KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1
|
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
1.1.1 Bersemangat
dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
1.1.2 Serius dalam melaksanakan
setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
|
2
|
2.1 Menunjukkan perilaku sungguh-sungguh, tanggung jawab, peduli,
kerjasama dan santun dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
|
2.1.1 Membandingkan
jumlah, sifat orang, binatang dan benda untuk menjaga hubungan interpersonal
antara guru dan siswa.
2.1.2 Bertanya pada
teman dan guru dengan bahasa inggris yang berterima terkait materi.
2.1.3 Menjawab
pertanyaan guru dan teman menggunakan bahasa inggris yang berterima
terkait materi.
2.1.4 Menjawab dan
menjelaskan pertanyaan teman yang kurang paham terkait dengan materi.
|
3
|
3.9. Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk
melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan
sifat orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
3.9.1 Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan perbandingan jumlah, sifat
orang, binatang dan benda.
3.9.2 Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan
perbandingan jumlah, sifat orang, binatang dan benda.
3.9.3Mengidentifikasi unsur kebahasaan ungkapan perbandingan
jumlah, sifat orang, binatang dan benda.
|
4
|
4.10. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan
tentang perbandingan jumlah dan sifat orang, binatang, benda,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks.
|
4.10.1Menyusun percakapan
perbandingan jumlah, sifat orang, binatang dan benda.
4.10.2 Melakukan
percakapan yang melibatkan ungkapan perbandingan jumlah, sifat orang,
binatang dan benda.
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajara ini, Peserta didik:
1. Bersemangat dalam melaksanakan setiap kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris,
2. Serius dalam melaksanakan setiap
kegiatan pada pembelajaran Bahasa Inggris.
3. Bisa Membandingkan jumlah, sifat orang, binatang dan benda untuk menjaga
hubungan interpersonal antara guru dan siswa.
4. Bertanya pada teman dan guru dengan menggunakan bahasa inggris
yang berterima terkait ungkapan perbandingan jumlah, sifat orang,
binatang dan benda.
5. Menjawab pertanyaan dengan menggunakan ungkapan perbandingan jumlah,
sifat orang, binatang dan benda.
6. Mengidentifikasi perbandingan
jumlah, sifat orang, binatang dan benda
7. Mengidentifikasi fungsi sosial ungkapan perbandingan jumlah, sifat
orang, binatang dan benda.
8. Mengidentifikasi struktur teks percakapan yang menggunakan ungkapan
perbandingan jumlah, sifat orang, binatang dan benda.
9. Mengidentifikasi unsur kebahasaan ungkapan
perbandingan jumlah, sifat orang, binatang dan benda.
10. Menemukan makna ungkapan perbandingan jumlah,sifat orang,binatang dan
benda
11. Melafalkan ungkapan perbandingan jumlah, sifat orang, binatang dan benda
dengan pelafalan dan intonasi yang benar;
12. Menyusun percakapan berdasarkan gambar/benda yang tersedia.
13. Melakukan percakapan sederhana yang melibatkan ungkapan perbandingan
jumlah, sifat orang, binatang dan benda.
D. MATERI PEMBELAJARAN :
Degrees of comparison merupakan tingkat perbandingan antara benda dengan
menggunakan kata sifat/adjective.
Ada 3 macam Degrees of comparison, yaitu:
1. Positive degree
Positive degree yaitu perbandingan yang digunakan untuk menyatakan kesamaan
antara dua benda, sehingga kata sifatnya utuh tidak berubah. Dalam positive
degree ini ciri-cirinya terdapat kata as . . . . as yang berarti sama, atau
se-.
Contoh dalam kalimat
a. Muslim is as handsome as Sholeh.
b. A buffalo is as big as a cow.
c. Xpander is as expensive as Rush.
d. Desy is beautiful
e. The ruler is long.
f. The car is new.
g. etc
2. Comparative degree
Dari bahasanya saja sudah bisa kita ketahui bahwa comparative berarti
membandingkan sesuatu atau antara benda yang satu dengan yang lainnya, dimana
salah satunya lebih dari pada yang lain. Ciri-ciri dari bentuk comparative ini
terdapat tambahan –er maupun more than yang berarti lebih daripada.
Bentuk comparative dibagi menurut suku katanya(syllable)\
a. Adjective dengan satu suku kata (one syllable)
Untuk kata sifat dengan satu suku kata maka bentuk komparatifnya ditambah
imbuhan –er, contoh:
Long – longer
Cheap – cheaper
Big – bigger
Small – smaller
Contoh dalam kalimat:
- Muslim is smaller than Sholeh
- Personal computer is cheaper than Laptop
b. Adjective dengan dua suku kata (two syllables)
Komparatif dalam dua suku kata sebagian menggunakan imbuhan –er,
sebagian juga menggunakan –more. Contoh:
Clever – cleverer
Narrow – narrower
Modern – more modern
Famous – more famous
Etc.
Contoh kalimat:
- Tatan is happier than Toni.
- Toni is cleverer than Tono.
- Sholihin is more handsome than Jamal.
c. Adjective dengan tiga suku kata (three syllables)
Tingkat komparatif dengan tiga suku kata wajib menggunakan imbuhan –more.
Contoh:
Beautiful – more beautiful
Diligent – more
diligent
Expensive – more expensive
Contoh kalimat:
- Tatan is more beautiful than Toni
- Toni is more diligent than Gugun.
- Scoopy is more expensive than Fino.
3. Superlative degree
Superlative degree memiliki tingkatan paling tinggi di antara yang lain.
Tingkatan paling atau ter-, terpandai, terkaya, paling rajin, paling gemuk,
dll. Ciri-ciri dari tingkatan ini adalah terdapat imbuhan –est/st atau most
kemudian sebelum kata sifat ditambah dengan “the”. Untuk kata sifat bersuku
kata satu menggunakan –est/st, kata sifat bersuku kata dua sebagian menggunakan
–est/st, sebagian tertentu menggunakan most, kemudian yang bersuku kata tiga
wajib menggunakan most.
Contoh:
Long – longer – longest
Rich – richer – richest
Happy – happier – happiest
Expensive –more expensive – most expensive
Interesting – more interesting – most interesting
Contoh kalimat:
- Muslim is the most handsome man in the world.
- Muhammad is the richest person.
- The plane is the fastest transportation.
- Mathematic is the most difficult subject at school.
Berikut adalah Tabel lengkap Tingkat perbandingan
Tabel ini di susun berdasarkan suku kata (syllable) dimulai dari suku kata
satu, dua dan tiga. Kemudian penulis juga mencantumkan bentuk tak
beraturan(Irregular forms) dimana untuk bentuk ini tidak mengikuti kaidah atau
aturan yang ada. Bentuknya tak tentu dan tak konsisten alias berubah-ubah.
Untuk lebih memahami materi Degrees of comparison ini, silahkan klik video berikut ini :
SOAL LATIHAN 1.
Kerjakan soal-soal latihan berikut ini dengan sunguh-sungguh ya.....
SOAL LATIHAN 1.
Kerjakan soal-soal latihan berikut ini dengan sunguh-sungguh ya.....
SOAL LATIHAN 2
Klik di sini untuk Soal Lengkap Degrees of Comparison
SOAL LATIHAN 3
Soal Latihan Online Degree of Comparison melalui Quizizz bisa kalian kerjakan untuk
mengetes pemahaman kalian dengan skor langsung, dapat dilihat disini atau
Demikianlah sahabat Blog semua juga siswa-siswi SMP/MTs pembahasan materi DEGREE OF COMPARISON kali ini, semoga bermanfaat. Save our health, stay at home, work from home and may COVID-19........segera menghilang dari negeri kita tercinta ini. Amiiin.

Mantap pa mohan
BalasHapusMantap pa mohan
BalasHapusAlhamdulillah...pak hens nembe sakitu tiasana....
HapusLuar biasa
BalasHapusSakitu tiasa na mang....he....he.....bari tinggaleun eta oge
Hapus